Mesin Dual VVT-i Jadi Andalan Avanza & Veloz Terbaru

Mesin Dual VVT-i Jadi Andalan Avanza & Veloz Terbaru(Jakarta) Di tengah ketatnya persaingan di segmen low MPV (multi purpose vehicle), PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz, yang mengalami perubahan pada desain eksterior dengan tampilan agresif, dilengkapi dengan mesin baru teknologi Dual VVT-i.

 

Dalam konferensi pers di Hotel Raffles, Kuningan Rabu (12/08) Yamashita Kazuhiko, Chief Engineer Grand New Avanza dan Grand New Veloz menjelaskan,”Desain dan fitur baru pada Grand New Avanza dan Grand New Veloz adalah masukan dari pelanggan yang menginginkan MPV yang awet, canggih dan berpenampilan sporty.”

 

Sesi tanya jawab dengan Direksi PT TAMGrand New Avanza didesain dengan tampilan agresif dan canggih, sedangkan Grand New Veloz agresif dan sporty. Grand New Avanza tersedia dalam 8 pilihan warna, di antaranya terdapat 4 warna baru; Nebula Blue, Dark Brown Mica Metallic, Dark Red Mica Metallic dan Grey Metallic. Sedangkan Grand New Veloz tersedia dalam pilihan 4 warna, 1 warna baru di antaranya adalah Dark Red Mica Metallic.

 

Untuk meningkatkan performanya, Grand New Avanza dan Grand New Veloz dilengkapi mesin baru teknologi Dual VVT-i, yaitu mesin 1NR-VE (1.3L) dan 2NR-VE (1.5L), teknologi dengan efisiensi bahan bakar lebih baik. Sebagai tambahan untuk memberikan alternatif lain bagi pelanggan, Toyota juga meluncurkan Grand New Veloz dengan mesin 1NR-VE.

 

Desain interior Grand New Avanza dan Grand New Veloz memiliki konsep baru yang stylish. Grand New Avanza dengan desain warna cerah, sedangkan Grand New Veloz dengan warna lebih gelap memberikan kesan sporty. Untuk fitur keselamatan, disediakan 3 poin seatbelt hingga deretan kursi ke-3 juga ISOFIX untuk kursi bayi dan rem yang dilengkapi ABS.

 

Selain itu, untuk meningkatkan kenyamanan berkendara kualitas suspensi diperbaiki sehingga suara mesin tidak berisik, dan stabilitas serta handling mobil juga telah ditingkatkan.

 

Untuk harga, varian Grand New Avanza dijual mulai harga Rp 180 juta hingga Rp 211 juta, sedangkan untuk Grand New Veloz dijual di kisaran harga mulai dari Rp 204 juta hingga Rp 226 juta, yang secara umum produk ini mengalami kenaikan sekitar 10-14 juta rupiah dibandingkan model sebelumnya.

 

“Nilai produk Grand New Avanza dan Grand New Veloz secara keseluruhan telah ditingkatkan dari model sebelumnya. Kami optimis para pelanggan akan menemukan kepuasan dari produk baru kami ini,” ujar Fukui Hiroyuki, President Director PT Toyota-Astra Motor.

 

Sejak peluncurannya pertama kali di tahun 2004, Avanza telah berhasil menjadi kendaraan yang paling menjual dan menjadi tulang punggung Toyota Astra Motor di segmen low MPV. Dalam kurang dari 10 tahun, pada Maret 2013 Avanza telah mencapai 1 juta unit, memecahkan rekor penjualan kendaraan tercepat.

 

Selama 12 tahun ini, Avanza berhasil bertahan sebagai market leader. Pada semester pertama tahun 2015, total unit mencapai 63.053 unit dengan saham 45.4 persen, lebih baik daripada tahun 2014 di kurun waktu yang sama yang sebesar 41 persen.