Popok Khusus Bayi Prematur dari Unicharm

popok untuk bayi prematur(Jakarta) Seorang bayi dapat dikategorikan memiliki berat badan rendah ketika dilahirkan dengan berat kurang dari 2,5 kg. “Berat badan bayi kurang itu dapat disebabkan lahir prematur, kurang dari 37 minggu atau lahir cukup bulan tetapi kecil. Jadi bayi berat lahir rendah ini tak selalu lahir prematur,” ujar dokter ahli perinatologi, divisi ilmu kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rinawati Rohsiswatmo.

 


Indonesia termasuk negara yang memiliki angka bayi berat lahir rendah (BBLR) tinggi. Di tingkat global Indonesia menduduki peringkat kelima BBLR tertinggi. “Angkanya menurut data WHO 2014 mencapai 15,5 per 100 kelahiran hidup. Sedangkan di RS Cipto Mangunkusumo angkanya hampir mencapai separuh, yaitu 42,44 persen,” kata Dr. Rinawati.

 

Bayi yang dilahirkan prematur  harus dirawat dengan benar. Bila tidak, bayi dapat mengalami kematian, cacat mental, buta, tuli. Data WHO mengungkapkan angka kematian bayi berat lahir rendah  di Indonesia sebanyak 14 per 1000 bayi.

 

“Sekitar 50-70 persen bayi prematur yang tak mendapat perawatan dengan benar tidak mampu belajar, memiliki kecerdasan rendah, mengalami gangguan saraf, visual, temperamen, atau  mengalami keterlambatan bicara,” tambahnya.

 

Dengan berat badan hanya satu sampai 1,5 kg, bayi prematur tak boleh memakai popok bayi baru lahir biasa. “Popok biasa akan menutupi dada bayi. Padahal bayi prematur ini harus dipantau pernapasannya dari perut. Ketika bayi mengalami sesak, ia tak tertolong karena tertutup popok,” katanya.

 

Menanggapi kebutuhan ini, Unicharm Indonesia meluncurkan popok bayi khusus untuk BBLR. “Kami mengeluarkan tiga ukuran popok khusus untuk bayi dengan berat badan kurang, yaitu popok untuk berat kurang dari 1.000 gram sampai 2.500 gram,” ujar Presiden Direktur PT Unicharm Indonesia, Takahashi Masaaki.

 

Popok ini pun dirancang sesuai dengan posisi bayi prematur yang harus diposisikan persis seperti masih di rahim ibu, telungkup. “Popok ini dapat diganti tanpa harus membalikkan posisi bayi. Popok berukuran kecil ini memiliki tepian yang mudah disobek,” tambah Marketing Manager PT Unicharm Indonesia, Ishibashi Masaki.