Kartu Ponta Sudah Jaring 7.2 Juta Anggota

Kartu Ponta Sudah Jaring 7 juta anggota(Jakarta) Diluncurkan sejak lima tahun silam kartu keanggotaan Ponta di Jepang sukses diikuti oleh 70 juta member dan 106 produk. “Berbeda dengan kartu keanggotaan biasa, Ponta membuat seorang pelanggan tidak hanya menjadi anggota di satu jaringan toko tetapi di banyak tempat sekaligus,” ujar Presiden Direktur PT Global Loyalty Indonesia, Chandra Hermawan.


Di negara asalnya, seseorang yang mendaftar kartu ini otomatis menjadi anggota di 23.400 outlet sekaligus yang meliputi mulai dari perusahaan penerbangan, bank, industri makanan siap saji hingga perusahaan travel.


Di Indonesia, kartu Ponta baru diluncurkan awal 2015. Saat ini Ponta Indonesia bekerja sama dengan jaringan Alfamart, AlfaMidi, Dan+Dan, Lawson, Alfa Online, Solaria, Glosis, Sunny Side Up dan Klinik Gigi Senyum Ceria. Hingga akhir tahun 2015 Ponta Indonesia sudah menjaring 7,2 juta anggota.


Wanita mendominasi keanggotaan kartu ini. “Kaum muda dan dewasa muda merupakan kelompok terbanyak. Hampir separuh keanggotaan adalah dari keluarga muda diikuti anggota berusia 18-24. Sisanya diisi warga usia mapan dan senior,” paparnya.


Di tahun ini, Ponta menargetkan 20 juta keanggotaan. “Kami berharap ke depan kartu Ponta Indonesia juga dapat digunakan di Jepang. Saat ini baru kartu Ponta Taiwan yang juga dapat digunakan menambah poin di Jepang,” tutur Chandra.


Bagi konsumen, kartu keanggotaan koalisi ini membuat pengumpulan poin jadi lebih cepat. Di samping itu banyak juga hadiah dan promosi yang menggiurkan. “Misalnya, pembelian produk harga khusus yang hanya bisa dibeli menggunakan bonus poin ,” papar Chandra.


Produsen yang ikut serta dalam program kesetiaan pelanggan ini juga dapat menuai manfaat. Data pelanggan Ponta ini dapat dikelola sehingga produk dapat dipromosikan lebih efektif. Data pelanggan itu memilah produk, jender dan usia. “Dapat diketahui juga kecenderungan kapan tepatnya usia dan jenis kelamin tertentu dalam membeli suatu produk,” katanya.