Yamaha Music Manufacturing Produksi Gitar Akustik ke 10 Juta

Yamaha Music Manufacturing Produksi Gitar Akustik ke 10 Juta(Jakarta) Yamaha Music Manufacturing Indonesia (YMMI) merayakan produksi gitar akustik ke 10 juta unit di pabriknya yang berlokasi di Kawasan Industri Pulogadung pertengahan Maret silam, dan mayoritas  produksinya yakni sekitar 90 persen dikirim ke mancanegara, dan sisanya untuk pasar domestik.


“Produksi ke 10 juta unit barulah satu tahap, dan selanjutnya perusahaan menetapkan target untuk produksi ke 20 juta unit, serta berupaya menjadi pabrik gitar kelas dunia,” ujar Goto Toshiaki dalam kata sambutannya pada acara perayaan yang berlangsung Kamis (17/03).


YMMI berdiri sejak bulan Februari tahun 1989, dan pabrik mulai beroperasi sejak bulan September 1990, dengan produksi gitar ke 10 juta unit dilakukan pada 26 Februari silam, sementara untuk ekspor telah dilakukan sejak tahun 1992, dan kini telah menyasar sekitar 22 negara.


Turut hadir dalam acara ini Nakata Takuya, President and Representative Director of Yamaha Corporation Japan yang menyatakan, “Pada awalnya perusahaan menetapkan pabrik ini ditujukan untuk memenuhi permintaan pasar domestik yang sekitar 800 ribu unit per tahun. Namun pertumbuhan permintaan membuat kami menjadikan pabrik ini sebagai basis produksi gitar akustik untuk ekspor.”


Jenis gitar yang diproduksi di pabrik Pulogadung antara lain gitar akustik dan gitar listrik versi klasik (nylon), dan juga folk (string), serta bass. Ini merupakan upaya perusahaan untuk memenuhi kebutuhan para pecinta musik yang memiliki latar belakang budaya yang beragam, dan setiap tahunnya penjualan untuk pasar domestik sekitar 10 persen atau 700 ribu unit, baik untuk gitar dan bas.


Yamaha memulai bisnisnya di Indonesia pada tahun 1974, yang diawali dengan pembangunan pabrik Piano Yamaha Indonesia, dan saat ini memiliki lima pabrik, terdiri dari tiga pabrik di Jakarta yang memproduksi piano, gitar, alat musik listrik, dan dua pabrik di Surabaya, Jawa Timur yang memproduksi alat musik tiup dan instrumen audio.


Saat ini basis produksi Yamaha Music di mancanegara, sebanyak 4 pabrik di Cina, lima pabrik di Indonesia, dan satu di Malaysia, dengan total keseluruhan 10 pabrik, dan sedang direncanakan untuk melakukan perluasan produksi.