Uniqlo Rilis Koleksi Motif Batik untuk Generasi Muda

Uniqlo Rilis Koleksi Motif Batik untuk Generasi Muda(Jakarta) PT Fast Retailing Indonesia, pengelola jaringan ritel busana kasual Uniqlo, berkolaborasi dengan Yayasan Batik Indonesia merilis “Batik Motif Collection”, yang ditujukan untuk generasi muda dan rencananya dijual tidak hanya di Indonesia tapi juga di mancanegara, termasuk Jepang dan 11 negara lainnya.


“Kami sudah beroperasi di Indonesia hampir tiga tahun, dan berupaya mengakar di sini. Untuk menjual pakaian maka juga harus menghargai tradisi lokal. Karenanya akan lebih baik jika tidak hanya memahami tapi juga melakukan penggabungan. Oleh karena itu, Uniqlo  memproduksi kembali motif dengan pola batik tradisional yang berkonsep LifeWear agar generasi muda juga dapat memakainya,” ujar Tanaka Michiaki, President Director PT Fast Retailing Indonesia saat peluncuran “Batik Motif Collection” di kawasan Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (03/06) pekan silam.


Sementara Komaruddin Kudiya, dari Yayasan Batik Indonesia yang bertanggung jawab untuk penanganan rancangan pola batik berharap produk ini dapat menyebarkan batik ke seluruh dunia, sambil menekankan tidak hanya untuk menghadiri pesta pernikahan tapi juga untuk berbagai acara lainnya.


“Batik Motif Collection” yang terdiri dari delapan produk untuk pria dan wanita yang menggunakan bahan ringan dan nyaman, dengan desain dan siluet modern. Motif batik yang digunakan merupakan pola asli yang dikembangkan UNIQLO berkolaborasi desainer yang direkomendasikan Yayasan Batik Indonesia.


Dalam koleksi musim panas ini terlihat motif batik tradisional seperti parang, kawung, sawat, lasem dan truntum. Selain itu, ada juga beberapa motif yang dicampurkan dalam satu kain dan selanjutnya dikemas secara modern dan kasual dengan balutan warna lembut seperti biru, coklat dan merah.


Untuk koleksi wanita, tersedia blus tanpa lengan dan kerah pendek. Sedangkan koleksi bagi pria tersedia untuk acara kasual maupun formal dengan potongan kemeja lengan pendek maupun lengan panjang.


“Batik Motif Collection” dijual dengan harga mulai dari Rp 299.000 sampai Rp 499.000, yang bisa dibeli di 9 outlet Uniqlo yang ada di sekitar Jabodetabek. Sementara untuk pasar luar negeri yang rencananya dijual di 11 negara akan mulai dari 10 Juni yakni Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Cina, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, Filipina, Thailand, Singapura dan Malaysia. Selain itu, juga dapat dibeli secara online.