Honda Motor Co. Luncurkan Mobil Sport NSX Terbaru

Honda Luncurkan Mobil Sport NSX Terbaru(Tokyo) Honda Motor Co. mulai menerima pesanan untuk mobil sport NSX terbaru khusus di pasar Jepang, satu dekade setelah diakhirinya produksi model sebelumnya, mengikuti produsen otomotif lainnya yang sedang mengembangkan mobil sport untuk mengikuti tren permintaan konsumen.


Seri NSX terbaru merupakan mobil hybrid yang menggunakan mesin 3.500 cc twin turbocharge dan tiga motor listrik serta transmisi 9 kecepatan dual-clutch semi-automatic, yang mulai dikirim pada akhir Februari tahun 2017, dijual dengan harga 23.7 juta yen atau sekitar US$ 236.000.


Hachigo Takahiro, Presiden Direktur Honda Motor Co. pada pekan silam menjelaskan perusahaannya memproduksi mobil yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, dan memberikan kenikmatan berkendara. “Kami berharap dapat menyeimbangkan keuanya dengan seri NSX terbaru.”


Dibutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk merakit seri NSX terbaru, yang ditargetkan terjual 100 unit di tahun pertama, di Pabrik Khusus Honda di Ohio, Amerika Serikat.


Seri NSX terbaru pertama kali diperkenalkan dalam ajang North America International Auto Show pada bulan Januari 2015, ketika itu dijelaskan kata NSX berasal dari “New Sports eXperience” dan mulai dijual pada bulan Juni 2016.


Pasca penampilan perdananya pada tahun 1990, seri NSX dua kursi yang dikembangkan duo desainer Nakano Masahito dan Uehara Shigeru dan pada pengembangan akhir mendapat masukan dari pembalap Formula 1 legendaris Ayrton Senna, mendapat respon yang sangat tinggi dari konsumen, namun Honda menghentikan produksinya di tahun 2005.


Di saat permintaan terhadap mobil ramah lingkungan dan mobil hybrid semakin meningkat di Jepang, para analis juga melihat mobil sport mempunyai potensi menjadi segmen yang menjanjikan.


Seri 86 produksi Toyota Motor Corp, supercar yang tampil perdana di tahun 2012 diyakini mempunyai peranan penting dalam mendorong popularitas mobil sport dalam beberapa tahun terakhir.


Sementara Nissan Motor Co. pada bulan Juli silam merilis model terbaru GT-R, yang dilengkapi dengan mesin yang kinerjanya lebih baik dan kemampuan melahap tikungan dengan prima atau cornering abilities.


Mazda Motor Corp. started selling its fourth-generation MX-5 Roadster convertible sports car in 2015. The Roadster's cumulative output has topped 1 million units globally since the 1989 launch of the first model.


Sedangkan Mazda Motor Corp. mulai menjual mobil sport Roadster Convertible MX-5 pada tahun 2015 silam. Dan sejak dirilisnya model pertama pada tahun 1989 telah terjual sebanyak 1 juta unit.