Lembaga Pendidikan & Kesehatan di Jatim Dapat Hibah Jepang


Sejumlah lembaga pendidikan dan kesehatan di beberapa kota di Propinsi Jawa Timur menjadi penerima hibah senilai US$ 370.125 dari pemerintah Jepang.


Salah satu penerima hibah, SMP Ma'arif 9 Sawoo Ponorogo, telah menyelesaikan pembangunan gedung dan fasilitas baru, dan peresmiannya dihadiri Konsuler Jenderal Surabaya Nomura Noboru (17/12).


Dalam sambutannya, Nomura menyampaikan harapannya bahwa "dengan adanya fasilitas yang baru ini, semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memperlancar kegiatan belajar-mengajar kedepan."


Pemberian hibah melalui proses seleksi yang ketat dari Konsulat Jenderal Jepang Surabaya ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan keamanan manusia di tingkat grassroot atau kalangan bawah. Adapun fasilitas yang dibangun di SMP Ma'arif 9 termasuk dua ruang kelas, laboratorium, dan perpustakaan berlantai dua.


Selain SMP Ma'arif 9 Sawoo, lembaga-lembaga yang menerima hibah adalah Pusat Studi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSPSDM) Situbondo, Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Sumberejo, dan Madrasah Ibtidaiyah Thoriqotul Falah Tuban.


Nomura juga turut berkunjung ke acara peresmian penyelesaian renovasi dan penambahan gedung sekolah MI Thoriqotul Falah November silam.


Bagi seorang Nomura Noboru, Surabaya bukanlah tempat yang asing sama sekali, bahkan dia menyebutnya sebagai kampung halaman kedua karena telah mendapat penempatan sebanyak dua kali sebelumnya, yaitu antara tahun 1983-1986 dan 2000-2003. Penempatan kali ini adalah yang ketiga kali baginya.