Mitsui Bussan Buka Program Beasiswa Bagi Lulusan SMA

(Jakarta) Mitsui Bussan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Persada kembali membuka program beasiswa bagi para pelajar Indonesia yang berminat melanjutkan studi ke Jepang. Beasiswa tingkat strata satu (S1) tersedia di dua fakultas yakni ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial.


Mitsui Bussan yang merupakan perusahaan dagang terintegrasi, sejak tahun 1992 mendirikan The Mitsui Bussan Scholarship Program for Indonesia,  lembaga pendidikan non profit di Tokyo yang berada di bawah Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbu Kagaku Sho/MEXT).


Tujuan dari beasiswa yang diberikan Mitsu Bussan ialah, untuk mendukung pelajar Indonesia melanjutkan studi ke Jepang, lebih dekat dengan adat dan budaya Jepang. Pelajar juga dapat merasakan sistem pendidikan Jepang, dan setelah menyelesaikan studi nanti pelajar diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan Indonesia ke depan.


Beasiswa yang meliputi biaya pendidikan, uang saku hingga asuransi ini membuka kesempatan beasiswa  untuk fakultas teknik dengan jurusan di antaranya teknik industri, teknik lingkungan, teknik listrik, matematika, biologi, geologi, bioteknologi, arsitektur, perakitan kapal dan kelautan, teknik penerbangan, kimia terapan, teknik informasi dan komunikasi.


Sementara jurusan di fakultas ilmu sosial dan bisnis yakni, ilmu hukum, ilmu hukum masyarakat, ilmu politik, ilmu ekonomi, ilmu akuntansi, ilmu pemasaran, ilmu asuransi, ilmu ekonomi internasional dan ilmu hubungan industri. Masa studi dapat ditempuh dalam waktu  5.5 tahun atau 66 bulan, meliputi 4 tahun kuliah dengan salah satu jurusan di atas dan didahului dengan mengikuti Pendidikan Bahasa Jepang selama 1.5 tahun.


Syarat penerimaan beasiswa yakni pelamar adalah warga negara Indonesia, berusia kurang dari 20 tahun (hingga 1 April 2015), belum menikah dan tidak diizinkan menikah hingga masa studi selesai, pendidikan terakhir Sekolah Menengah Atas (SMA) jurusan IPA/IPS dengan nilai terendah 70.


Sedangkan untuk pelajar SMA jurusan IPA, mata pelajaran meliputi matematika, biologi, kimia dan bahasa Inggris. IPS, matematika, ekonomi, geografi dan bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Jepang akan menyusul saat perkuliahan berlangsung di kampus, pelamar sehat jasmani dan rohani serta tidak mempunyai riwayat penyakit menular.


Ada 3 tahap kualifikasi yang harus ditempuh, namun sebelumnya anda harus menyertakan kelengkapan dokumen paling lambat pada  3 April. Tahap pertama, tes tertulis matematika dan bahasa Inggris pada 10 Mei di Universitas Darma Persada, Jakarta. Tahap kedua, tes kesehatan di Universitas Indonesia  pada 21 dan 22 April di Rumah Sakit Jakarta. Tahap ketiga, tes wawancara dengan Panitia Program pada  30 Juni di kantor PT. Mitsui Indonesia.


Sementara untuk registrasi program beasiswa, yang dimulai dari 2 Maret sampai 3 April, dengan menyertakan nilai Ujian Akhir Nasional (UAN), fotokopi rapor kelas 1-3 SMA, fotokopi kartu penduduk (KTP) atau kartu pelajar, surat persetujuan orang tua dalam bahasa Inggris, sertifikat TOEFL, TOEIC, IELTS, JLPT dan sertifikat bahasa lainnya baik dari institusi lokal maupun internasional, serta menyertakan sertifikat akademik lainnya. Persyaratan tersebut dikirim via website dan email, atau dengan mengakses www.mbkscholarship-id.com untuk informasi lebih lanjut.