Ogijima, Pulau Kucing Di Prefektur Kagawa


Ogijima, Pulau Kucing Di Prefektur KagawaAda lebih dari lusinan pulau di Jepang yang populasi kucingnya melampaui manusia, dan salah satu yang paling dikenal ialah Ogijima, yang berada di Prefektur Kagawa, Pulau Shikoku, dan untuk mencapainya pengunjung harus menumpang kapal feri dari pelabuhan Takamatsu yang menempuh perjalanan selama empat puluh menit.

 


Sesampainya di pelabuhan Ogijima, yang berada di bagian selatan pulau, para pengunjung dapat melihat kucing liar  yang sedang bermalasan, atau bermain-main di pelataran, bahkan ada juga yang akan menyambut pengunjung dengan memberikan kepalanya ke lengan pengunjung, dan yang pasti sambil mengeong.


Di pagi hari, biasanya para kucing akan bergerak aktif ketika kapal nelayan yang selesai melaut kembali ke pelabuhan membawa hasil tangkapan, dan membuang sisa ikan yang tidak bernilai ekonomi tinggi.


Rumah MakanPulau Ogijima yang luasnya 1.38 kilometer persegi, hanya dihuni sekitar 200 orang, sementara jumlah kucing sudah melebihi 200 ekor, Kehadiran populasi kucing yang lumayan besar itu, di satu sisi membawa berkah bagi para warga lokal karena menarik wisatawan khususnya kalangan muda untuk melihat para kucing yang terlihat lucu, namun disisi lain juga menjadi sumber kejengkelan karena terkadang merusak jaring yang akan digunakan para nelayan untuk menangkap ikan, dan juga banyak yang membuang hajat besar di sembarang tempat sehingga menimbulkan bau tidak sedap.


Siluet Kucing di Senja HariSelain melihat kucing sebagai atraksi wisata, hal lain yang dapat dilakukan pengunjung ialah menikmati hidangan khas Ogijima yang dibuat dari sayuran dan juga tangkapan ikan laut yang masih segar, yang dijamin akan memberi kenikmatan rasa tersendiri.


Kewalahan dengan pertumbuhan populasi kucing yang cukup pesat, pada awal Juni silam warga lokal meminta Pemerintah Prefektur untuk membantu penanganannya, dan akhirnya dikirim tim dokter hewan untuk melakukan operasi sterilisasi kepada kucing jantan guna menekan jumlah populasi.